KEGIATAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE NUMBER HEAD TOGETHER PADA MATERI GEJALA ALAM DI INDONESIA DAN NEGARA TETANGGA



PENGERTIAN METODE NUMBER HEAD TOGATHER (NHT)

Number Head Together adalah suatu Model pembelajaran yang lebih mengedepankan kepada aktivitas siswa dalam mencari, mengolah, dan melaporkan informasi dari berbagai sumber yang akhirnya dipresentasikan di depan kelas (Rahayu, 2006).
NHT pertama kali dikenalkan oleh Spencer Kagan dkk (1993). Model NHT adalah bagian dari model pembelajaran kooperatif struktural, yang menekankan pada struktur-struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Struktur Kagan menghendaki agar para siswa bekerja saling bergantung pada kelompok-kelompok kecil secara kooperatif. Struktur tersebut dikembangkan sebagai bahan alternatif dari sruktur kelas tradisional seperti mangacungkan tangan terlebih dahulu untuk kemudian ditunjuk oleh guru untuk menjawab pertanyaan yang telah dilontarkan. Suasana seperti ini menimbulkan kegaduhan dalam kelas, karena para siswa saling berebut dalam mendapatkan kesempatan untuk menjawab pertanyaan peneliti (Tryana, 2008).

INDIKATOR PEMBELAJARAN

Kognitif : menyebutkan gejala (peristiwa) alam yang terjadi diindonesia dan negara tetangga, menguraikan sebab terjadinya peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga, memprediksi kerugian yang ditimbulkan gejala (peristiwa) alam yang terjadi diindonesia dan negara tetangga
Afektif : menyatakan pendapatnya tentang gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga dengan  lantang, menerima/menolak pendapat alam kelompok tentang gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga dengan santun
Psikomotor : melakukan membedakan visual dan auditif dalam game grouping dengan cepat, melakukan gerakan ekspresif dalam game grouping dengan tepat

APLIKASI PEMBELAJARAN
Pendahuluan
Guru memberikan motivasi dan apersepsi yaitu diwalai dengan guru mengucap salam, menanyakan kabar siswa, memberi motivasi siswa untuk belajar, dan menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan berlangsung serta mengulas materi yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan mengaitkannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai apersepsi

Kegiatan Inti
Pertama sebagai langkah eksplorasi Siswa diajak bermain PERAHU PENOLONG (game grouping) untuk membagi 4 kelompok atau tim yang beranggotakan 5 orang, langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Guru mengucap PERAHU PENOLONG TIBA
  2. Siswa menjawab MENOLONG SIAPA?
  3. Guru mengucap MENOLONG 10 JEMPOL TANGAN
  4. Siswa segera mencari 10 jempol tangan yang artinya 5 anak dalam kelompoknya
Setelah permainnan grouping siswa diberi nomor sehingga setiap siswa dalam kelompok memiliki nomor yang berbeda (Numbering)
Kedua sebagai langkah Elaborasi guru mengajukan pertanyaan kepada para siswa dalam bentuk Lembar Kerja Siswa yang sudah disiapkan guru (Questioning) kemudian siswa menyatukan pendapatnya terhadap pertanyaan itu dan meyakinkan tiap anggota dalam kelompoknya mengetahui jawaban itu (Head Together). Kemudian guru memanggil satu nomor tertentu, dan siswa yang nomornya sesuai mengacungkan tangannya mencoba untuk menjawab pertanyaan untuk seluruh kelas (Answering).
Ketiga sebagai langkah Konfirmasi maka guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan akhir: siswa merangkum materi yang telah disampaikan dan  memberikan tugas rumah kepada siswa kemudian guru menutup pelajaran dengan salam

MEDIA,  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Media yang digunakan dalam pembelajaran ini guru menyiapkan video animasi dan  LKS, kemudian menggunakan sebotol air karbonasi, Laptop, Pengeras suara, LCD Proyektor sebagai alat belajar dan Buku BSE IPS KELAS VI sebagai sumber belajar

FORMAT KRITERIA PENILAIAN

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.


Pengetahuan



Sikap
* sebagian besar tahu
* sebagian tahu
* tidak tahu

* proaktiv
* kadang-kadang
* tidak aktiv
4
2
1

4
2
1

\
LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap



1.
2.
3.
4



Dst….
















Previous
Next Post »