RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SDN SAMBONGREJO I
Kelas : 1(satu)
Semester : 1 (satu)
Tema / Sub Tema : 3 / 1
Pembelajaran : 2
Alokasi
waktu : 1 hari ( 4x60 menit)
I. Kompetensi Inti
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru.Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
II. Kompetensi Dasar
B.
indonesia
3.1
Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan
sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman
3.4 Mengenal teks cerita diri/personal
tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks
deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera, wujud dan sifat benda, serta
peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.3
Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4 Menyampaikan teks cerita diri atau
personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian
SBDP
3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi
menggunakan alat musik ritmis
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis,
warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
4.7
Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
PKn
3.2
Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
III.
Indikator
Bahasa Indonesia
- Mengidentifikasi teks lagu “Bangun Tidur”
- Mengidentifikasi kegiatan pagi hari yang memerlukan ucapan terima kasih
- Mengamati teks bergambar kegiatan pagi harI
- Mengucapkan kembali teks lagu “Bangun Tidur” yang dibaca guru
- Melakukan kegiatan menyampaikan teks terima kasih
- Menceritakan kegiatan pagi hari secara runtut berdasarkan gambar
SBDP
- Menjelaskan tentang isi lagu
- Membuat gambar tentang kebiasaan pagi hari di rumah
- Menyanyikan lagu dengan percaya diri
PKn
- Menyebutkan berbagai aturan pada pagi hari dalam keluarga
- Mempraktikkan kegiatan pagi hari sesuai dengan aturan di keluarga
IV.
Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan diskusi,
siswa dapat menyebutkan kegiatan pagi hari di rumahnya masing-masing dengan
percaya diri
2.
Dengan tanya
jawab, siswa dapat menyebutkan berbagai kegiatan pagi hari di rumah dengan
tepat.
3.
Dengan
mendengarkan petunjuk guru, siswa dapat menyanyikan lagu “Bangun Tidur” dengan
lancar.
4.
Dengan
kegiatan praktik, siswa dapat
menyampaikan teks terima kasih dengan santun.
5.
Dengan kegiatan
diskusi, siswa dapat menceritakan isi lagu dengan tepat.
6.
Dengan mengamati
gambar, siswa dapat mengurutkan gambar berseri dengan bekerjasama..
7.
Dengan
mengurutkan gambar, siswa dapat bercerita berdasarkan kartu gambar.
8.
Dengan kegiatan bercerita, siswa dapat menggambar
tentang kebiasaan pagi hari dengan percaya diri.
V.
Materi Ajar
- Bernyanyi dan Bercerita Kebiasaan pada Pagi Hari
- Menggambar dan Mengurutkan Gambar Berseri tentang Kegiatan Pagi di Sekitar Rumah
VI.
Pendekatan & Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Strategi : Cooperative
Learning
Tehnik : Example non
example
Metode : Pengamatan,
Penugasan, Tanya Jawab
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
|
|
Inti
|
·
Adakah yang susah saat dibangunkan?
·
Adakah yang mudah saat dibangunkan?
·
Adakah yang ketika dibangunkan marah-marah?
|
|
Penutup
|
|
|
VIII. Sumber dan Media
1. Buku siswa.
2. Lingkungan.
3. Gambar
IX.
Penilaian
a.
Penilaian Sikap (afektif)
NO
|
Nama
|
Percaya
Diri
|
Santun
|
Bekerja
sama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Penilaian Pengetahuan (Kognitif)
Instrumen penilaian : tes tulis (di buku siswa)
c.
Penilaian Keterampilan (Psikomotor)
1. Unjuk Kerja bercerita dan menyanyikan lagu
tentang suasana pagi
No.
|
Kriteria
|
Sangat
Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
1
|
Kemampuan menceritakan aturan dan kegiatan pagi hari di rumah
sejak bangun tidur hingga berangkat ke sekolah
|
Dapat bercerita dengan memenuhi 4 kriteria (lancar, intonasi
tepat, mimik penuh penghayatan, dan percaya diri)
|
Memenuhi 3 dari 4 kriteria
|
Memenuhi 2 dari 4 kriteria
|
Belum mampu bercerita
|
2
|
Penguasaan lagu
|
• Hafal seluruh syair lagu
• Irama tepat |
Hafal syair lagu, irama tidak tepat atau sebaliknya
|
Hafal sebagian kecil syair lagu
|
Belum mampu mengahafalkan syair lagu
|
3
|
Kemampuan menjelaskan isi lagu Bangun Tidur
|
Tema gambar tepat, menggunakan 3 warna atau lebih
|
Menjelaskan 3 hal tentang isi lagu
|
Menjelaskan 2 hal tentang isi lagu
|
Belum mampu menjelaskan isi lagu
|
2. Unjuk Kerja Mengurutkan Gambar, Bercerita
dan Menggambar Kegiatan Pagi Hari
No.
|
Kriteria
|
Sangat
Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
1
|
Ketepatan mengurutkan gambar berseri
|
Kelompok mampu mengurutkan 7 – 9 kartu
|
Kelompok mampu mengurutkan 4 – 6 kartu
|
Kelompok mampu mengurutkan 1 – 3 kartu
|
Kelompok belum mampu mengurutkan kartu
|
2
|
Kemampuan bercerita berdasarkan urutan kartu
|
Perwakilan kelompok mampu menceritakan urutan kartu dengan
lengkap dan lancar
|
Perwakilan kelompok mampu menceritakan dengan lancar, tetapi
tidak lengkap, atau sebaliknya
|
Perwakilan kelompok menyampaikan cerita namun belum sesuai
dengan urutan gambar
|
Perwakilan kelompok belum mampu menceritakan urutan gambar
|
3
|
Kemampuan menggambar ekspresi
|
Tema gambar tepat, menggunakan 3 warna atau lebih
|
Tema gambar tepat, menggunakan 2 warna
|
Tema gambar kurang tepat
|
Belum mampu menggamba
|
............,
......................2014
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas 1
.................................. .........................................
NIP : NIP
:
Sign up here with your email
ConversionConversion EmoticonEmoticon